.

Sinopsis Moon Lovers - Scarlet Heart Ryeo Episode 20 (END)

Sinopsista.Com - Sinopsis Drama Korea Moon Lovers - Scarlet Heart Ryeo Episode 20 (TAMAT)

Moon Lovers - Scarlet Heart Ryeo Episode 7


Baca Episode sebelumnya Moon Lovers - Scarlet Heart Ryeo Episode 19

Episode 20 Terakhir

          Hae Soo dan Jung mulai hidup bersama. Namun, Hae Soo tetap tidak bisa melupakan Raja. Setiap hari ia habiskan untuk merindukan Raja dengan melukis wajah Raja di atas sebuah batu. Begitu pula dengan Raja dia tidak pernah berhenti menanyakan kabar Hae Soo. Dia pun mengirimkan seorang mata-mata untuk mengawasi keadaan Hae Soo dan Jung,

            Hingga suatu saat Jung menyadari mata-mata yang dikirimkan oleh Raja. Dia pun berakting seolah-olah dia hidup bahagia dengan Hae Soo. Raja yang mendengar kabar tersebut tidak serta merta percaya. Dia pun pergi untuk membuktikan pernyataan mata-mata tersebut.

            Ketika Raja memata-matai rumah Jung, dia melihat Hae Soo yang lemas dan digendong Jung masuk ke dalam rumah. Raja yang terus khawatir dengan keadaan Hae Soo tetap mengamati hingga lampu kamar Jung dan Hae Soo dimatikan. Sejak saat itu, Raja merasa jika Hae Soo benar-benar telah meninggalkannya.

            Kondisi kesehatan Hae Soo terus saja melemah. Jung segera memanggil tabib untuk memeriksa kesehatan Hae Soo. Jung pun terkejut, ketika tabib menyatakan jika Hae Soo hamil. Ternyata Hae sudah menyadari jika dia telah hamil anak dari Raja.

            Hari demi hari berlalu. Saat Hae Soo untuk melahirkan pun tiba. Suara tangis bayi, mengakhiri kecemasan Jung. Dia pun segera menemui Hae Soo yang terbaring lemas. Hae Soo meminta agar Jung memberikan surat kepada Raja. Jung pun segera mengirimkan surat untuk Raja. Akan tetapi, Raja tidak mengetahui jika surat tersebut adalah surat dari Hae Soo. Dia pun mengabaikan surat tersebut.

            Kesehatan Hae Soo semakin memburuk dan Raja pun tak kunjung datang. Dia menyandarkan tubuhnya kepada Jung sembari mendengarkan sebuah nyanyian. Seorang gadis menyanyikan sebuah lagu yang sangat terkenal di Goryeo, karena lagu tersebut adalah lagu favorit Raja. Lagu itu adalah lagu yang Hae Soo nyanyikan ketika Eun berulang tahun.

            Hae Soo terlihat sayu. Lingkar hitam di matanya menandakan kesehatannya semakin parah. Jung yang berada di sampingnya merasakan kepergian Hae Soo semakin dekat. Hae Soo pun menghembuskan nafas terakhirnya, tanpa bisa melihat Raja untuk terakhir kalinya.

            Raja yang mendengar kepergian Hae Soo untuk selama-lamanya, bergegas mencari surat yang diberikan Jung. Dalam surat itu, Raja menyadari jika selama ini dia salah mengenal Hae Soo. Hae Soo tidak pernah membencinya dan hingga detik terakhir Hae Soo masih mengunnggu Raja.

            Raja pun langsung menuju rumah Jung. Di sana dia melihat Jung yang sedang menangis tersedu-sedu dan Baek Ah yang tak kalah sedih. Dia mencari Hae Soo ke seluruh penjuru ruangan. Namun, dia tak dapat menemukan Hae Soo. Akhirnya dia menyadari, jika Hae Soo telah tiada setelah melihat sebuah guci yang berisikan abu Hae Soo. Raja pun menangis sejadi-jadinya. Dia sangat kehilangan wanita yang paling dia cintai.

            Setahun berlalu, Raja berubah menjadi Raja yang sangat bijak. Dia membebaskan kaum budak dan mengahpuskan kemiskinan. Dia pun membunuh semua pemberontak. Pangeran ke-8, Wook sudah semakin menua dan sakit-sakitan. Dia terus saja mengawasi politik di istana, tapi tak dapat berbuat apapun. Dia sudah cukup puas dengan kepemimpinan Wang So. Tidak lama kemudian dia pun meninggal.

            Sepeninggalan Wook, Baek Ah pun pergi meninggalkan istana. Dia sudah terlalu jenuh dan ingin menjadi seorang seniman seperti dulu. Sedangkan Jung, dia menjadi seorang ayah yang baik untuk anak Hae Soo. Raja pun menyadari jika anak Jung adalah buah cinta antara Raja dan Hae Soo.

            Sementara itu, Ji Mong memutuskan untuk pensiun dan meninggalkan istana. Dia mengaku sudah terlalu tua dan lelah untuk berada di istana. Tak lama setelah Ji Mong berpamitan, langit mendadak berubah menjadi gelap. Suasana itu, sama seperti saat Hae Soo terjebur ke dalam danau.

            Di sebuah kamar, seorang gadis terbangun dari mimpi buruknya. Tanpa dia sadari dia meneteskan air mata. Gadis itu Hae Soo. Ternyata dia kembali ke dunia nyata setalh koma selama setahun. Akan tetapi dia tidka dapat mengingat kejadian-kejadian yang dia alami di jaman Goryeo.

            Suatu ketika di sebuah pameran, dia bekerja sebagai sales kosmetik. Dan bertepatan dengan pameran dari kerajaan Goryeo. Terlihat seorang pria mendekatinya. Dia adalah Ji Mong. Dia pun kembali ke dunia nyata. Di dunia nyata Ji Mong bekerja sebaga seorang penulis dan sejarawan yang mengisahkan kerajaan Goryeo.

            Hae Soo yang masih belum pulih benar setelah koma selama satu tahun, dia pun merasa pusing. Dia melihat bayangan-bayangan tentang kerajaan Goryeo. Dia terus saja berjalan dan akhirnya berhenti di sebuah ruangan yang berisi lukisan-lukisan di jaman Goryeo. Akhirnya Hae Soo pun mengingat kenangan-kenangannya bersama Wang Soo selama berada di jaman Goryeo.

            Dia pun menangis tersedu-sedu. Dia terus saja menyesal karena telah meniggalkan Wang So. “Maafkan. Maafkan aku karena telah meninggalkanmu,” Hae Soo tak dapat menahan air matanya. Di saat yang bersamaan, Wang So yang berada di jaman Goryeo seolah mendengar tangisan Hae Soo dan berkata, “Jika kita tidak berasal dari dunia yang sama, maka aku akan menemukanmu. Kekasihku, So.”

TAMAT

Gimana nih sinopsista ending dari drama Scarlet Hearth Ryeo? Puas ndak dengan ending yang kayak gini? Kalo menurutku sih kurang ya, karena nggak happy ending dan akhirnya gantung banget. Banyak banget teka-teki yang belum terjawab di episode ini. Kayak gadis kecil yang ditemui Baek Ah dan Ji Mong yang tidak kehilangan ingatannya. Mungkin lebih seru kalau akhirnya So dan Hae Soo bersatu di masa kini. Hehehe…

Menurut kalian tokoh yang paling keren siapa? Eits.. nggak boleh milih lebih dari satu. Iya paham, kalo semua pangeran kece, tapi pasti ada kan tokoh yang paling keren di antara yang keren-keren?

Kalu menurutku sih yang paling keren dan kece Baek Ah. Selain Baek Ah pangeran terganteng, dia juga pangeran yang ladies first wkwkwkwk. Dia juga setia banget dengan kekasihnya Wo Hee. Dan dia punya pendirian dan prinsip yang kuat. Dari awal pertemuan dengan Wang Soo dia nggak pernah ngediskriminasi Wang Soo karena Wang Soo mempunyai bekas luka. Kalau kalian siapa tokoh yang paling kalian suka?

Terima kasih sudah membaca synopsis kali ini ya, nantikan sinonpsis-sinopsis yang nggak kalah seru lainnya!